• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    Tak Hanya Menghilangkan Ngantuk, Ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Kopi Bagi Tubuh, Banyak Yang Belum Tahu!

    24/02/2024, Sabtu, Februari 24, 2024 WIB Last Updated 2024-02-24T08:31:22Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    WARTAKINIAN.COM
    - Kopi terkenal akan khasiatnya dalam melawan rasa kantuk sekaligus penambah energi. Namun, apakah manfaat kopi terbatas pada dua hal tersebut? Tidak. Manfaat kopi untuk kesehatan sebenarnya bisa diperoleh secara optimal apabila Anda mengonsumsinya sesuai takaran. Langsung saja simak pembahasan mengenai manfaat kopi bagi tubuh yang lebih lengkap pada ulasan di bawah ini.


    Manfaat Kopi untuk Kesehatan

     

    Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari. Tidak mengherankan memang, mengingat minuman berkafein ini memiliki perpaduan rasa pahit dan manis yang khas. Namun di luar itu, tahukah Anda bahwa kopi memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh?


     

    Ada berbagai manfaat minum kopi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, terutama jika Anda termasuk salah satu penggemar dari minuman ini. Berikut masing-masing penjelasan mengenai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh.


    inilah 6 manfaat mengkonsumsi kopi bagi tubuh dilansir dari laman alodokter.com


    1. Mencegah depresi


    Suatu penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi hitam bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya depresi. Selain itu, konsumsi kopi hitam secara rutin juga dapat mengurangi risiko melakukan bunuh diri akibat depresi.


    2. Meningkatkan daya ingat


    Selain membuat Anda lebih siaga, kafein di dalam kopi juga dapat meningkatkan daya ingat. Penelitian menyatakan bahwa kafein bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat memori jangka pendek maupun jangka panjang.


    3. Mencegah pikun


    Mengonsumsi kopi hitam juga mampu menurunkan risiko terjadinya pikun. Selain itu, konsumsi kopi hitam juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.


    Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang mengungkap manfaat kopi hitam dalam memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan. Namun, manfaat kopi hitam ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.


    4. Menurunkan berat badan


    Kafein yang terkandung di kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu proses pembakaran lemak, terutama jika dibarengi dengan olahraga.


    Selain dengan meningkatkan pembakaran lemak, kopi hitam juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.


    5. Mencegah diabetes tipe 2


    Manfaat kopi hitam lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes. Kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan serta mineral lain dalam kopi dapat mencegah penyakit degeneratif, salah satunya adalah diabetes tipe 2.


    Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah.


    6. Mencegah penyakit jantung


    Tak hanya diabetes, kopi hitam juga bisa menurunkan risiko terjadinya gagal jantung dan stroke. Selain karena kaya akan antioksidan, penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini juga berhubungan dengan kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.


    Meski begitu, dosis kopi mungkin berbeda untuk setiap orang. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.


    Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi kopi.


    Tentukan berapa banyak kopi yang Anda konsumsi dan bagaimana efeknya pada pola suasana hati dan pola tidur Anda.

    Simpanlah kopi di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan.

    Gejala putus obat biasanya terjadi setelah penggunaan kopi untuk periode yang panjang.

    Kopi tidak selalu aman untuk dikonsumsi untuk semua orang. Jadi, sebaiknya diskusikan dengan dokter agar tahu dosis yang tepat untuk Anda.


    (Maulana)




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/