• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    65,18 % Suara, Prabowo - Gibran Menang Telak di Jawa Timur, Aang Kunaifi Sebut Paslon 01 dan 03 Enggan menandatangani

    14/03/2024, Kamis, Maret 14, 2024 WIB Last Updated 2024-03-14T07:05:47Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    foto google (CNN)


    WARTAKINIAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengesahkan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur (Jatim) berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (13/3/2024).


    Melansir dari laman Republika, Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi membeberkan berbagai kejadian khusus selama proses rekapitulasi tingkat provinsi.


    Aang mengatakan, saksi pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar tidak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi tingkat provinsi. Saksi kubu 01 ogah tanda tangan karena menilai ada kejanggalan input data angka perolehan suara di banyak TPS.


    Saksi kubu 01 juga enggan tanda tangan karena menilai Bawaslu tidak melakukan tindakan tegas atas laporan yang dibuat tim pasangan Anies-Imin terkait dugaan dugaan kecurangan penggelembungan suara, politik uang, dan tingginya intimidasi terhadap para saksi TPS.


    "(Alasan) ketiga, pembiaran yang dilakukan oleh Bawaslu atas terjadinya kecurangan yang terjadi di hampir semua daerah pada temuan tersebut ditemukan sendiri oleh pihak Bawaslu," ujar Aang membacakan alasan keberatan saksi 01.


    Aang mengatakan, saksi pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud juga enggan menandatangani berita acara hasil rekapitulasi di tingkat provinsi. Keengganan itu sejalan dengan sikap yang ditunjukkan para saksi kubu 03 di hampir seluruh kabupaten/kota di Jatim.


    "Saksi paslon 3 di 666 kecamatan se-Jawa Timur tidak menandatangani. Kemudian 37 kabupaten/kota, saksi yang hadir mewakili paslon nomor 3 itu tidak menandatangani, kecuali saksi di Kabupaten Bangkalan menandatangani," kata Aang.


    Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan jumlah penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sudah cocok dengan jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) serta jumlah suara sah dan tidak sah, yakni sebanyak 26.539.721 lembar.


    "Dengan demikian, apakah bisa kita sahkan? Baik," kata Mellaz saat rapat pleno tersebut, mengukutip inilah.com.l, pada Kamis (14/03/2024).


    Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional, terdapat  25.644.060 suara sah Pilpres 2024 di Jawa Timur. Peraih suara terbanyak adalah pasangan Prabowo-Gibran. Berikut rinciannya:


    - Anies-Muhaimin: 4.492.652 suara (17,51 persen) dari suara sah


    - Prabowo-Gibran: 16.716.603 suara (65,18 persen)


    - Ganjar-Mahfud: 4.434.805 suara (17,29 persen)


    (Red/sumber: republika.com)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/