• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    Cewek Berhijab Perlu Ganti Foto KTP-el? Kunjungi Stand Dukcapil di Apkasi Otonomi Expo 2024

    08/07/2024, Senin, Juli 08, 2024 WIB Last Updated 2024-07-08T10:52:01Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    WARTAKINIAN.COM
    - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin Apkasi Otonomi Expo (AOE). Pameran komoditas unggulan tahunan terbesar di Tanah Air itu bakal digelar di Hall A dan B, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada 10-12 Juli 2024.


    Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang yang juga Ketua Pelaksana AOE 2024 menjelaskan, Apkasi Otonomi Expo 2024 merupakan event ke-19 kalinya, setelah tahun lalu diselenggarakan di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. "AOE merupakan wadah dan momen yang tepat untuk melanjutkan pemulihan ekonomi daerah di berbagai sektor. 


    Terutama di sektor perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta investasi. Ini sesuai tema AOE tahun ini 'Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045'," jelas Sarman Simanjorang. 


    Menurut Project Manager AOE 2024, Syaifuddin Chaidir, banyak pemerintah kabupaten antusias mengambil bagian di ajang pameran komoditas ekspor unggulan daerah ini. "Kami memprioritaskan pemerintah kabupaten yang belum pernah ikut untuk segera memesan stand agar bisa memilih space-space yang strategis," ujarnya. 


    Ditjen Dukcapil Kemendagri senantiasa mendukung event asosiasi pemkab se-Indonesia itu, dengan menggelar layanan administrasi kependudukan berupa aktivasi IKD termasuk rekam baru dan cetak KTP-el yang rusak atau hilang, serta pelayanan ganti foto KTP bagi kaum perempuan yang kini berhijab. 


    Sejak jauh hari, Plh. Sekretaris Ditjen Dukcapil Adel Trilius dalam Nota Dinas No. 400.8/8336/SES tanggal 25 Juni memohon bantuan para direktur di lingkup Ditjen Dukcapil agar berkenan memberikan bantuan demi kelancaran pelayanan Adminduk selama kegiatan. 


    "Kepada Direktorat Dafdukcapil kami mohon bantuan petugas/staf pelayanan, perangkat layanan serta koordinasi dengan Dinas Dukcapil DKI Jakarta. Kepada Direktorat PIAK kami mohon bantuan petugas/staf pelayanan, jaringan, dan perangkat layanan selama 3 hari acara," kata Adel Trilius dikutip dari nota dinasnya. 


    Sebelumnya, di ajang Indonesia Maju Expo dan Forum yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri di tempat yang sama pada 4-7 Juli 2024, booth Ditjen Dukcapil juga banyak mendapat antusiasme pengunjung. Tak kurang sebanyak 457 dokumen kependudukan berhasil dilayani selama pameran. 


    Direktur Dafdukvapil Akhmad Sudirman Tavipiyono dalam berbagai kesempatan mengarahkan, layanan adminduk harus mudah dijangkau masyarakat. "Oleh karena itu, kita harus hadir mendatangi penduduk--termasuk di ajang pameran--untuk memberikan pelayanan adminduk dan memberikan perlindungan hukum melalui penerbitan dokumen kependudukan secara cepat, akurat dan gratis," kata Direktur Tavip. 


    Direktur Tavip mengimbau, bagi warga yang belum sempat datang dan sangat perlu mengurus keperluan dokumen kependudukan atau aktivasi IKD, masih ada kesempatan berikutnya, yakni di Apkasi Otonomi Expo 2024. "Catat tanggal mainnya, yaitu 10-12 Juli di Hall A dan B Jakarta Convention Center," pungkas Tavip.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/