• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    Grooming Lengkapi Keterampilan Petugas Dukcapil Layani Masyarakat

    17/07/2024, Rabu, Juli 17, 2024 WIB Last Updated 2024-07-17T15:36:24Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    WARTAKINIAN.COM
    - Ada faktor penting yang kerap diabaikan untuk menggapai kesuksesan. Yaitu, meningkatkan citra diri dan mentransformasikan mental ke arah lebih positif, serta merawatnya secara berkesinambungan. Kemampuan itu disebut dengan istilah "grooming". 


    Menurut pakar grooming Yuliana F. Hartanto, grooming adalah keterampilan dan pengetahuan mencakup bagaimana merawat tubuh dan penampilan seseorang, mulai dari berpakaian, tutur kata, hingga hingga sopan santun, termasuk cara bicara, duduk, berdiri dan berjalan hingga mentransformasikan intelektual diri ke arah lebih baik. 


    "Ini keterampilan praktis yang sangat penting serta tidak dapat dipisahkan dari keseharian kita. Dengan cara sederhana dan populer kita dapat mempelajari beberapa poin penting untuk mendapatkan kunci-kunci kejayaan dalam kehidupan dan karir melalui pemahaman tentang grooming yang mampu meningkatkan citra diri seseorang," kata Yuli Hartanto pada sesi Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara, Penguatan Kelembagaan dan Penguatan Peran Sekretaris Dinas Dukcapil dalam Pelayanan Adminduk, di Jakarta, Selasa (16/7/2024). 


    Menurut Yuli yang beken sebagai "Guru Grooming", dalam dunia profesional ilmu ini sangat relevan dengan etika yang begitu esensial dalam pergaulan. "Grooming sangat memengaruhi kesuksesan karena mengedepankan pribadi yang berpenampilan menarik, beretika baik, penuh percaya diri. Sikap ini akan memudahkan kita memenangkan persaingan dan menapak tangga keberhasilan," kata Yuli yang hadir bersama putrinya Gaby Hartanto.




    Gaby yang juga seorang model profesional, lebih banyak memberikan pengetahuan praktis tentang etiket, cara bicara, rasa percaya diri, serta bagaimana gesture menghadapi orang lain, hingga cara berjalan yang elegan. 


    Standar kunci

    Kasubdit Wilayah IV, Direktorat Bina Aparatur pada Ditjen Dukcapil, Diana Anggraeni menilai peningkatan kapasitas pegawai lewat grooming ini sangat relevan dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil kabupaten/kota. 


    Menurut Diana, para sekretaris dinas Dukcapil kabupaten/kota bisa menularkan ilmu tentang personal grooming kepada petugas front office ini yang sehari-hari menghadapi masyarakat yang membutuhkan pelayanan adminduk. 


    "Petugas front office sudah dibekali pengetahuan tentang prosedur standar penerbitan dokumen kependudukan melalui pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Pengetahuan tentang grooming bakal melengkapi keterampilan mereka menghadapi masyarakat yang datang ke kantor Dinas Dukcapil," kata Diana Anggraeni. 


    Yuli Hartanto sendiri punya 3 standar kunci bagi petugas di loket-loket pelayanan Dinas Dukcapil. 


    Pertama, petugas front office Dinas Dukcapil harus tampil menarik. "Tidak perlu dandan berlebihan, sebab orang datang pertama kali melihat penampilan kita." 


    Kedua, gestur tubuh yang welcoming sehingga masyarakat melihat si petugas siap menerima dan melayani. "Gesture tubuh ini termasuk ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang ramah, serta bibir yang dihiasi senyum tulus." 


    Juga diperlukan magic word, kata-kata yang bisa dipakai bahwa Dukcapil hadir untuk bisa memberikan solusi bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan mereka. 


    Three Magic Words itu, ungkap Yuli Hartanto, adalah: Maaf, Tolong, dan Terima kasih. "Itulah tadi tiga hal mendasar yang pakemnya harus dimiliki semua petugas pelayanan publik," kata Yuli Hartanto.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/