• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    5 Cara Mengatasi HP Disadap, No 4 Riset Ke Mode Pabrik

    07/08/2024, Rabu, Agustus 07, 2024 WIB Last Updated 2024-08-07T08:48:04Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Foto Google 

    WARTAKINIAN.COM
    - Penyadapan HP merupakan suatu tindakan kriminal yang kerap terjadi di era serba digital seperti saat ini dan jadi momok yang cukup meresahkan. 


    Bagaimana tidak, hampir setiap orang begitu mengandalkan smartphone yang dimiliki untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari, berkomunikasi, melakukan transaksi perbankan, hingga berbelanja online. 


    Ada banyak sekali oknum tak bertanggung jawab yang melakukan penyadapan hanya untuk meraup keuntungan pribadi. Tentu saja, tindakan semacam itu sangat merugikan bagi para korbannya. 


    Oleh sebab itu, sebagai bentuk upaya mawas diri, maka penting untuk tahu bagaimana langkah tepat mengatasi HP yang disadap demi menghindari berbagai hal yang tak diinginkan di masa mendatang.


    HP yang disadap bisa mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi pemiliknya, mulai dari masalah kebocoran data pribadi hingga impersonate atau berpura-pura menjadi pemilik HP tersebut.


    Cara Mengatasi Hp Disadap


    Jika hp Anda terlanjur disadap tak perlu panik. Berikut cara mengatasi hp disadap.


    1. Ganti password layar hp


    Coba ubah nomor PIN atau pattern password layar hp Anda. Sebaiknya, hindari nomor PIN yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran karena data pribadi mudah bocor dan diutak-atik untuk membuka password layar hp.


    2. Ganti password email


    Tak hanya password layar hp, ganti juga password email Anda karena biasanya sumber penyadapan dari sini. Jangan lupa pasang alamat email cadangan yang terhubung otomatis untuk mengantisipasi penyadapan.


    3. Aktifkan mode device care


    Segera aktifkan mode device care di menu Pengaturan hp untuk mengetahui apakah ada malware di hp Anda atau tidak.


    4. Reset ke mode pabrik


    Reset ke mode pabrik alias factory reset agar oknum penyadap tak bisa mendapatkan informasi apapun karena semuanya sudah terhapus dan sistem berubah seperti hp yang baru dibeli.


    5. Hubungi call center


    Langkah terakhir coba hubungi call center provider dan laporkan jika hp Anda telah disadap. Nantinya, provider akan menonaktifkan sementara kartu SIM Anda, sehingga oknum penyadap tak bisa mendapat informasi apa pun.


    Itulah cara mengetahui hp disadap dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/