• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    Keluarga Besar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Tasikmalaya ucapkan HUT RI ke 79 tahun

    24/08/2024, Sabtu, Agustus 24, 2024 WIB Last Updated 2024-08-24T09:33:41Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    WARTAKINIAN.COM
    - Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, yang jatuh pada Sabtu 17 Agustus 2024 yang lalu, Bangsa Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan yang ke-79, seluruh pihak memperlihatkan suka citanya, Tidak ketinggalan seluruh keluarga besar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Tasikmalaya. selain bersuka cita MKKS SMP Kabupaten Tasikmalaya juga mengucapkan selamat HUT RI ke -79, semoga perkembangan pendidikan Indonesia dapat menghantarkan Indonesia “*Menuju Generasi Emas*”


    *“Dengan diusungnya tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Tema ini dipilih untuk menggambarkan transisi kepindahan ibu kota negara dan juga transisi kepemimpinan, mari persiapkan anak didik kita siap bertransisi, dengan sistim pengenalan, penyesuaian dengan program kegiatan dan suasana pengajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka yang telah dimodifikasi."* Ujar Drs. Jamaludin Malik, MM, Ketua MKKS SMP Kab. Tasikmalaya. (Jumat, 22 Agustus 2024).


    Diketahui saat ini Ketua MKKS SMP Kab. Tasikmalaya, adalah, Drs. Jamaludin Malik, MM, dan Wakil Ketua MKKS SMP Kab. Tasikmalaya, adalah, H. Cengceng, S.Pd., M.Pd.


    Sedangkan Sekretaris MKKS SMP Kab. Tasikmalaya, adalah Drs. Ade Suherman, M.Pd., dan terdapat 2 orang Bendahara di MKKS SMP Kab. Tasikmalaya, Bendahara 1 bernama Nono Darsono, S.Pd., M.Si, sedangkan Bendahara 2. Bernama H. Deden Kurniawan, S.Pd., M.P d.


    Untuk dapat memaksimalkan pelaksanaan pembinaan teknis, baik secara vertikal maupun horizontal, dan untuk meningkatkan peran kepala sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan nasional, maka MKKS SMP di bagi 7 Wilayah, dalam 1 wilayah di dalamnya ada beberapa sekolahan tingkat SMP yang berada di beberapa kecamatan.


    Dalam satu gugus atau wilayah, anggota MKKS SMP wilayah terdiri dari kepala-kepala sekolah negeri dan swasta dalam kecamatan kecamatan terkait, dan di ketuai oleh seorang ketua. Berikut 7 wilayah MKKS SMP wilayah dan nama ketuanya :

    1. Ketua MKKS SMP wilayah Singaparna, saat ini di jabat oleh, Drs. Mulyadi

    2. Ketua MKKS SMP wilayah Salawu, saat ini di jabat oleh, H. Asep Gunawan, s.pd., M.Pd.

    3. Ketua MKKS SMP wilayah Ciawi, saat ini di jabat oleh, Juhana, S.Pd., M.pd.

    4. Ketua MKKS SMP wilayah Manonjaya, saat ini di jabat oleh, Drs. Iis Rais, M.Pd.

    5. Ketua MKKS SMP Cikatomas, saat ini di jabat oleh, H. Anum Nurhadi, S.pd.

    6. Ketua MKKS SMP Sukaraja, saat ini di jabat oleh, Ikin Sodikin, S.Ag.

    7. Ketua MKKS SMP Karangnunggal , saat ini di jabat oleh , Ade Iwan, S.Ag., M.Pd.I

    *“Forum perkumpulan kepala sekolah dalam satu gugus wilayah kecamatan, anggotanya terdiri dari kepala-kepala sekolah negeri dan swasta dalam satu kecamatan terkait, dan MKKS SMP wilayah tidak terikat secara struktural pada lembaga pendidikan lainnya, tetapi pengawasannya dilakukan secara berjenjang melalui pengawas sekolah di satu kecamatan tertentu”*. Ucap Drs. Jamaludin Malik, MM, kepada awak media.


    MKKS SMP Kab. Tasikmalaya bersifat lembaga nirlaba yang memperoleh pendanaan dari hasil iuran yang disepakati, biasanya besarannya adalah sekian rupiah dikalikan jumlah siswa di sekolah tersebut, Semakin besar jumlah siswa dalam sebuah sekolah, Iuran yang diberikan sebagai bentuk sumbangan kegiatan MKKS SMP semakin besar. 


    Teknik pengumpulan dana tidak sama satu MKKS SMP wilayah dengan MKKS SMP wilayah lainnya, dana tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan peningkatan kualitas kepala sekolah yang dapat bentuk workshop, seminar, bimbingan teknis maupun pelatihan. 


    Dalam cakupan yang lebih luas MKKS SMP Kab. Tasikmalaya bekerjasama dengan dinas pendidikan setempat untuk menyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan bidang pendidikan untuk guru, teknisi laboran, pustakawan dan tenaga kependidikan lainnya.


    Sebagai perhimpunan kepala-kelapa sekolah, MKKS SMP wilayah kadang digunakan sebagai ajang untuk menonjolkan citra dan prestasi pendidikan kecamatan, sehingga posisi organisasi ini cukup diperhitungkan dalam pengambilan keputusan di tingkat kecamatan.


    Organisasi bersifat kekeluargaan dan tidak dalam rangka korporasi atau untuk mengambil keuntungan dari perhimpunan. Keanggotaan bersifat tetap dan tidak mengikat, keanggotaan bersifat individual tetapi mengikat pada sekolah dan guru yang mengajar di dalamnya.


    Struktur MKKS SMP Kab. Tasikmalaya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan anggota, penunjukan pimpinan MKKS SMP Kab. Tasikmalaya, maupun MKKS SMP wilayah, ditentukan dalam rapat koordinasi dengan memperhatikan azas musyawarah mufakat. 


    Ketua MKKS SMP Kab. Tasikmalaya bertugas untuk menyiapkan rapat koordinasi dan membuat perencanaan berdasar hasil rapat koordinasi yang dilakukan, sedangkan tugas yang melekat pada Sekretaris MKKS SMP Kab. Tasikmalaya membuat catatan dan menyiapkan keperluan kehumasan dalam penyebarluasakan kegiatan MKKS SMP Kab. Tasikmalaya. 


    Bendahara MKKS SMP Kab. Tasikmalaya bertugas memeriksa dan mengelola pendanaan dalam organisasi ini agar tetap sesuai dengan peruntukannya dan dapat dipertanggungjawabkan.


    MKKS SMP Kab. Tasikmalaya berfungsi pula sebagai perpanjangan kepala sekolah menanggapi kebijakan pemerintah dan implementasinya di sekolah, misalnya dalam hal kebijakan penggunaan dana BOSP


    Pada masa penerimaan siswa baru, MKKS SMP Kab. Tasikmalaya mempunyai tanggung jawab penting dalam pendataan dan penyebaran calon siswa baru, MKKS SMP Kab. Tasikmalaya berpartisipasi aktif sebagai pusat informasi pembaharuan kebijakan pendidikan di tingkat kecamatan.


    *“Di tahun ajaran baru 2024/2025, lanjut Ketua MKKS SMP Kab Tasikmalaya, sudah dimulai pada tanggal 8 Juli 2024 yang lalu, dengan hari pertama masuk sekolah pada tanggal 15 Juli 2024. dan semester 1 juga dimulai pada tanggal 8 Juli 2024 dan akan berakhir pada tanggal 20 Desember 2024 mendatang’*’. Terangnya.


    *“Dengan begitu sudah di pastikan Semester 2 akan dimulai pada tanggal 6 Januari 2025 dan berakhir pada tanggal 26 Juni 2025. Pada saat itulah akan ada transisi pembelajaran, di mana pertumbuhan dan perkembangan yang dilakukan individu dalam pembelajaran, dengan demikian mari kita dukung transisi pembelajaran anak didik kita sehingga mereka dapat menunjukkan bukti keterampilan, kredensial, dan pengalamannya”*. ucapnya


    Untuk menuju Indonesia Emas, pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu pemerintah bertekad memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan. Sampai saat ini, pemerintah telah mengambil berbagai terobosan kebijakan pendidikan berskala besar.


    Generasi Emas adalah generasi masa depan sebagai sumber daya manusia (SDM) yang perlu mendapat perhatian serius dalam era globalisasi saat ini karena generasi emas mempunyai peran yang sangat strategis dalam mensukseskan pembangunan nasional.


    *“Di sinilah peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan Menuju Indonesia Emas, hal itu menjadi sangat penting pembangunan di bidang pendidikan,dengan munculnya atau hadirnya guru-guru yang inspiratif”* tutupnya.


    (wawan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/