• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    Pemprov Kalteng Siap Jadi Tuan Rumah MTQ VII Korpri Tahun 2024 di Palangkaraya

    08/08/2024, Kamis, Agustus 08, 2024 WIB Last Updated 2024-08-08T05:11:50Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    WARTAKINIAN.COM
    - Dewan Pengurus Korpri Nasional bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bakal menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Korpri Tingkat Nasional Tahun 2024. Ajang MTQ Nasional oleh Korps Pegawai Republik Indonesia ini bakal digelar di Lapangan Sanaman Mantikei Kota Palangkaraya dan akan berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan 10 Nopember 2024. 


    Menurut Ketua Umum Korpri Prof. Zudan Arif Fakrulloh, di masa kepengurusan Ketua Umum Korpri Diah Anggraini dan Sekjen Tasdik Kinanto terdapat dua kali penyelenggaraan MTQ Nasional Korpri. "Yakni MTQ yang pertama di Makassar diikuti 28 kementerian/lembaga (k/l), dan MTQ II Korpri diselenggarakan di Banda Aceh pada 2014, pesertanya sebanyak 39 k/l," ungkap Zudan.


    Zudan menyebutkan pada periode kepengurusan dirinya, Korpri sudah lima kali menyelenggarakan MTQ Nasional. "Bila dibandingkan MTQ I Korpri dengan MTQ VI Korpri di Sumatera Barat kenaikan pesertanya kurang lebih 300 persen, dari 28 menjadi 83 kafilah," ungkapnya lagi.


    Lebih lanjut menurut Pj Gubernur Sulawesi Selatan ini, dari sisi pertandingan MTQ VII Korpri di Palangkaraya memecahkan rekor dengn jumlah cabang yang dilombakan terbanyak, yakni 9 Cabang dengan 30 Golongan dan 180 pemenang. "Ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah penyelenggaran MTQ, mudah-mudahan pesertanya juga terbanyak. Di MTQ VI pesertanya 904 ASN, bila official-nya masing-masing 4 orang berarti akan ada sekitar 4000 orang yang datang ke kota Palangkaraya," tuturnya.


    Untuk itu Prof. Zudan mengajak seluruh ASN dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah provinsi serta kabupaten/kota ikut memeriahkan MTQ VII Korpri di Kota Cantik Palangkaraya. "Ayo kita Korprikan Kalimantan Tengah tanggal 3-10 Nopember. Kita penuhi Kalteng dengan baju Batik Biru Korpri," cetus Zudan.


    MTQ VII Korpri menjadi bagian dari HUT ke-53 Korpri Tahun 2024, sekaligus agenda rutin dua tahunan DP Korpri Nasional. 


    Sepanjang sejarah Korpri, MTQ I 2012 di Makassar, Sulawesi Selatan; MTQ II Tahun 2014 di Provinsi Aceh; ke-III Tahun 2016 di Samarinda, Kalimantan Timur; MTQ IV Tahun 2018 di DKI Jakarta, dan MTQ ke V seyogyanya diselenggarakan pada tahun 2020. Namun karena Covid-19, maka diganti dengan MTQ Korpri secara virtual. Baru pada tahun 2021 diselenggarakan MTQ V Korpri di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara dan MTQ VI di Padang, Sumatera Barat.


    Menurut Ketua Panitia Pelaksana MTQ VII Korpri, Marullah Matali, MTQ bagi Korpri dimaksudkan untuk mempererat silaturrahmi, memperkokoh spiritualitas, religiusitas, dan menumbuhkan nilai rohani ke dalam birokrasi "Kami juga ingin meningkatkan syiar dan ukhuwah Islamiyah antar-Korps Pegawai RI se-Indonesia," kata Marullah Matali.


    Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin selaku sohibul bait menyatakan, Pemda dan masyarakat Provinsi Kalteng akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik menyambut para kafilah yang akan datang dari seluruh Indonesia mengikuti MTQ VII Korpri di Palangkaraya. 


    "Sejumlah kantor badan dan dinas di lingkup Pemprov Kalteng sudah dibenahi semaksimal mungkin untuk menjadi tempat yang terbaik sehingga para kafilah yang berlomba bisa maksimal dalam mengikuti musabaqah ini," kata Nuryakin dalam acara Launching MTQ VII Korpri di Aula Jaya Tingang Kompleks Gubernuran Kalimantan Tengah, Selasa (6/8/2024). 


    Menurut Nuryakin, dengan adanya MTQ Nasional Korpri tersebut diharapkan mampu memberikan pengaruh positif bagi para ASN dalam upayanya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya. 


    "Ajang MTQ Korpri kali ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi bagi para ASN dan mendorong mereka untuk berprestasi dalam dunia kerja yang berbasis nilai-nilai Al Quran," kata Sekda Nuryakin.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/