• Jelajahi

    Copyright ©
    Sinyal Bekasi

    Iklan

     


    Warga Harapkan Perbaikan Keindahan Wisata Danau Situ Cibereum Dipercepat

    09/08/2024, Jumat, Agustus 09, 2024 WIB Last Updated 2024-08-09T19:05:23Z

    PENULIS : ADE DWI HIDAYAT

    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Lokasi situ Danau Cibereum, Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi,Jawa Barat 

    WARTAKINIAN.COM
    - Warga sekitar Danau Situ Cibereum menyampaikan harapan besar agar keindahan wisata danau tersebut segera diperbaiki. 


    Selama beberapa waktu terakhir, kondisi danau mengalami penurunan kualitas dikarenakan adanya Normalisasi, yang berdampak pada daya tarik wisata dan kenyamanan pengunjung hingga saat ini. 


    Masyarakat lokal percaya bahwa perbaikan dan revitalisasi area sekitar danau tidak hanya akan meningkatkan keindahan alam, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. 



    Mereka berharap pemerintah dan pihak terkait dapat segera mengambil tindakan cepat untuk mengembalikan pesona Danau Situ Cibereum sebagai destinasi wisata unggulan Desa Lambangsari.


    "Saya berharap pemerintah secepatnya bisa perbaiki Danau Cibereum, jujur aja saya setiap Minggu sering kesini mas sama keluarga sambil makan bersama dan melihat keindahan danau Cibereum,"ungkap Warga yang tidak mau disebutkan namanya di lokasi Danau Situ Cibeureum, Desa Lambangsari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.


    Sebelumnya diberitakan, tepatnya pada bulan Mai 2024, Pemerintah Desa Lambangsari melakukan pemantauan proses pengerjaan normalisasi atau pengerukan sedimentasi Situ Cibeureum.


    Normalisasi Situ Cibeureum tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keadaan banjir dan meluapnya air situ.



    Pemdes Lambangsari juga sudah melakunkan jajarannya untuk melakukan sosialisasi kepada para pedagang dalam rangka penataan di sekitaran Situ Cibeureum, pada Sabtu (27/04/2024) siang.


    Kasipem Desa Lambangsari M. Yandi, menjelaskan pemantauan yang dilakukan kali ini merupakan tindak lanjut Pemdes Lambangsari untuk memastikan proses normalisasi sudah berjalan sesuai amanat Surat Edaran Kodam Jaya No : B/1551/IV/2024 tentang Himbauan dan Pemberitahuan, serta Surat Edaran Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) No: UM. 03.02-AY/2291 tentang Pelaksanaan Pekerjaan Pola Kerjasama.


    "Berdasarkan kedua SE itu, normalisasi Situ Cibeureum dilakukan untuk mengantisipasi keadaan banjir dan meluapnya air situ," ujarnya.


    Di samping itu, dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan ini bukan baru sekali dilakukan, tetapi merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh BBWS. 


    "Sekitar empat bulan yang lalu kami didatangi oleh tim konsultan untuk perencanaan normalisasi dan pengerukan sedimen. Namun, dari pihak BBWS berencana untuk melakukan penataan ulang yang berkaitan dengan sepadan Situ. Jadi nanti hasil kerukan situ akan di jadikan daratan, dan daratan itu akan dibangun yang mengelilingi situ, sekaligus untuk pembuatan jogging track juga," katanya. 


    (Dwi)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    PEMERINTAH

    +
    /*]]>*/